Rabu, 10 Oktober 2012

Definisi Ilmu Budaya Dasar


Pengertian Ilmu Budaya Dasar: 
Ilmu budaya dasar adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang dasar-dasar Kebudayaan, karna budaya merupakan salah satu, jiwa dari nilai-nilai yang ada di masyarakat . Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama, politik , adat istiadat dan karya seni . Budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia.
Berikut pengertian budaya atau kebudayaan dari beberapa ahli :
1. E. B. Tylor  Budaya adalah suatu keseluruhan kompleks yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, keilmuan, hukum, adat istiadat dan kemampuan yang lain. Serta kebiasaan yang didapat oleh manusia sebagai anggota masyarakat .
2. R. Linton dalam bukunya yang berjudul The Cultural background of personality menyatakan bahwa kebudayaan adalah konfigurasi dari sebuah tingkah laku dan hasil laku, yang unsur-unsur pembentuknya didukung serta diteruskan oleh anggota masyarakat tertentu .
3. Koentjaraningrat, mengartikan bahwa kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, milik diri manusia dengan belajar.
4. Selo Soemarjan dan Soelaeman Soemardi, mengatakan bahwa kebudayaan adalah semua hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.
5. Herkovits, Kebudayaan adalah bagian dari lingkungan hidup yang diciptakan oleh manusia.
6. Bronislaw Malinowski, Adalah keseluruhan kehidupan manusia yang integral yang terdiri dari berbagai peralatan dan barang-barang konsumen, berbagai peraturan untuk kehidupan masyarakat, ide-ide dan hasil karya manusia, keyakinan dan kebiasaan manusia.
7. C. Klukhuahn dan W. H. Kelly, mencoba merumuskan definisi kebudayaan sebagai hasil tanya jawab dengan para ahli antropologi, sejarah, hukum, psikologi yang implisit, eksplisit, rasional, irasional terdapat pada setiap waktu sebagai pedoman yang potensial bagi tingkah laku manusia.
8. Dawson dalam buku Age Of The Gods mengatakan bahwa kebudayaan adalah cara hidup bersama (Culture is common way of life)
9. J. P. H. Dryvendak mengatakan bahwa kebudayaan adalah kumpulan dari cetusan jiwa manusia sebagai yang beraneka ragam berlaku dalam suatu masyarakat tertentu.
10. Takdir Alisyahbana, mengatakan kebudayaan adalah manifestasi dari cara berfikir.
Untuk mengetahui bahwa ilmu budaya dasar termasuk kelompok pengetahuan budaya lebih dahulu perlu diketahui pengelompokan ilmu pengetahuan.
11. Prof Dr.Harsya Bactiar mengemukakan bahwa ilmu dan pengetahuan dikelompokkan dalam tiga kelompok besar yaitu :
  1.  Ilmu-ilmu Alamiah ( natural scince ).
  2. Ilmu-ilmu sosial ( social scince ).
  3. Ilmu kebudayaan ( science culture ).
Kesimpulan:
                Ilmu Budaya Dasar adalah ilmu yang mempelajari tentang segala suatu hal yang berkaitan dengan kebiasaan sekelompok atau individu manusia. Manusia tidak dapat melepaskan kehidupannya dari budaya, terutama budaya sekitar dikarenakan setiap manusia pasti memliliki kebiasaan yang secara sadar maupun tidak sadar dikerjakan oleh manusia. Budaya di dunia sangat banyak sekali dan ada dimanapun kita berada.
Budaya tidak selalu bersifat positif , ada pula budaya yang membuat manusia cenderung bersikap kurang baik, hal ini dikarenakan kurangnya kesadaran. intinya bagaimana kita menyikapi nya. jangan mudah terpengaruh.
Ilmu budaya dasar dapat dijadikan sebagai salah satu usaha pengembangan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya, maupun yang menyangkut diri sendiri.
SUMBER:
www.anneahira.com ( 11 oktober )
maliqren.wordpress.com ( 11 oktober )
siscaellia.wordpress.com ( 11 oktober) 

1 komentar:

  1. isi blognya bermanfaat buat refrensi, kunjung balik yah mufi-likemove.blogspot.com (y) newbie

    BalasHapus